jantung 2

DETEKSI GINJAL SEJAK DINI, DENGAN MELAKUKAN 3 HAL INI

DETEKSI GINJAL SEJAK DINI, DENGAN MELAKUKAN 3 HAL INI
Penyakit gagal ginjal merupakan penyakit yang membunuh secara diam-diam. Disebut demikian karena gejala dari penyakit ini seringkali tidak dirasakan oleh para penderitanya. Tapi, begitu gejalanya sudah dapat dirasakan ternyata penyakit tersebut telah memasuki tahapan yang parah. Oleh sebab itu, deteksi dini sangat diperlukan agar penyakit ini dapat segera ditangani dengan tepat.
jantung

Dilansir dalam www.kidney.org, deteksi penyakit gagal ginjal ini bisa dilakukan dengan melakukan tiga rangkaian tes yang banyak ditawarkan di rumah sakit. Tes kesehatan ini diperlukan untuk memastikan diagnosis serta merencanakan tahapan pengobatan. So, apa saja tiga rangkaian tes itu? Berikut ulasan lengkapnya.
• Tes Tekanan Darah
Tes tekanan darah diperlukan untuk mengetahui tinggi rendahnya tekanan darah Anda. Seperti diketahui, tekanan darah yang tinggi merupakan penyebab paling umum dari penyakit gagal ginjal.
Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, sekitar 140/90 mmHg, maka bisa dipastikan Anda mengalami hipertensi dan akan lebih rentan terhadap penyakit seperti gagal ginjal.
• Tes Urine
Tes urine ini dilakukan untuk mengecek kesehatan fungsi ginjal Anda dengan mengetahui jumlah Albumin Kreatini Ratio. Angka dari Albumin Kreatini Ratio ini digunakan untuk mengukur jumlah kebocoran albumin ketika ginjal mengalami kerusakan.
Selain itu, pemeriksaan sampel urine ini juga bisa menjadi pemeriksaan visual untuk warna. Kita bisa mengetahui kondisi kesehatan ginjal kita berdasarkan warna urine yang kita keluarkan. Jika urine terlalu keruh, maka hal ini menunjukkan bahwa ginjal kita mengalami masalah.

• eGFR
estimate-Gromerular Filtration Rate diperkirakan dari hasil serum (atau darah) tes kreatinin. eGFR dapat memberitahu apakah ginjal Anda berfungsi dengan baik untuk menghilangkan limbah dari darah Anda. eGFR merupakan cara terbaik untuk memeriksa fungsi ginjal Anda. Jika GFR Anda menunjukkan angka 60 mL/men/1.73 m2 atau lebih, ini berarti ginjal Anda berfungsi dengan normal.
Namun, apabila GFR Anda menunjukkan angka dibawah tersebut, ini menandakan bahwa Anda menderita penyakit gagal ginjal. Catatan penting untuk nilai GFR ini adalah bahwa GFR menurun sesuai dengan usia Anda.
Nah, itulah tiga rangkaian tes yang bisa Anda gunakan untuk melakukan deteksi dini resiko penyakit gagal ginjal. Mari kita jaga agar ginjal kita tetap sehat dengan cara mengkonsumsi makanan sehat, perbanyak minum air putih serta jangan lupa mengkonsumsi suplemen yang membantu menjaga ginjal tetap sehat. Berikut rekomendasi produk yang dapat menjaga ginjal bahkan dapat mengobati penyakit ginjal:

soman 2
soman 1

Tags :