http://www.dreamstime.com/stock-image-honey-jar-slice-bread-wheat-milk-vintage-wood-old-planked-table-above-rural-rustic-style-breakfast-image50370331

16 Manfaat Madu Baik untuk Kesehatan

 

  1. Mencegah kanker19 dan penyakit jantung
    Madu  mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.
  2. Mengurangi bisul dan gangguan pencernaan lainnya
    Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pengobatan madu dapat membantu gangguan seperti bisul dan bakteri gastroenteritis.
  3. Anti-bakteri, anti-jamur
    “Semua antibakteri madu, karena lebah menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida,” kata Peter Molan, direktur Unit Penelitian Madu di Universitas Waikato di Selandia Baru.
  4. Meningkatkan Stamina
    Atlet Olimpiade kuno akan makan madu dan buah ara kering untuk meningkatkan stamina mereka. Ini sekarang telah diverifikasi dengan studi modern, menunjukkan bahwa itu adalah unggul dalam mempertahankan tingkat glikogen dan meningkatkan waktu pemulihan dibandingkan pemanis lainnya.
  5. Mengurangi batuk dan iritasi tenggorokan
    Madu membantu untuk batuk, terutama madu soba. Dalam sebuah penelitian terhadap 110 anak-anak, dosis tunggal madu soba adalah sama efektifnya dengan dosis tunggal dekstrometorfan dalam meredakan batuk pada malam hari dan memungkinkan tidur yang tepat.
  6. Seimbangkan 5 elemen
    Madu telah digunakan dalam pengobatan ayurvedic di India selama setidaknya 4000 tahun dan dianggap mempengaruhi ketiga ketidakseimbangan bahan primitif tubuh secara positif. Hal ini juga dikatakan berguna dalam meningkatkan penglihatan, penurunan berat badan, menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini, gangguan saluran kencing, asma bronkial, diare, dan mual.
    Madu disebut sebagai “Yogavahi” karena memiliki kualitas menembus jaringan terdalam dari tubuh. Ketika madu digunakan dengan obat herbal lain, meningkatkan kualitas obat tersebut persiapan dan juga membantu mereka untuk mencapai jaringan yang lebih dalam.
  7. Regulasi gula darah
    Meskipun madu mengandung gula sederhana, itu TIDAK sama dengan gula pasir atau pemanis buatan. Kombinasi yang tepat Its fruktosa dan glukosa sebenarnya membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak tersentak gula darah Anda.
  8. Menyembuhkan luka dan luka bakar
    Aplikasi luar ma14du telah terbukti sama efektifnya dengan pengobatan konvensional. Hal ini berspekulasi bahwa efek pengeringan gula sederhana dan sifat anti-bakteri madu menggabungkan untuk membuat efek ini.
  9. Probiotik
    Beberapa varietas madu memiliki sejumlah besar bakteri ramah. Ini termasuk sampai dengan 6 jenis laktobasilus dan bifido 4 spesies. Hal ini mungkin menjelaskan banyak “sifat terapeutik misterius madu.”
  10. Kulit yang indah
    Kualitas anti-bakteri yang sangat berguna untuk kulit, dan bila digunakan dengan bahan lain, juga dapat melembabkan dan bergizi! Untuk perawatan kecantikan.
  11. Membentuk Sel Darah Merah
    Membantu pembentukan darah. Madu menyediakan banyak energi yang diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah.
  12. Madu mengandung antiseptik sehingga mampu mengobati luka luar. Luka menjadi steril setelah mendapat pengobatan dengan menggunakan madu selama 7 hingga 10 hari.
  13. Madu sebagai antioksidan sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya kanker. Warna madu mempengaruhi kandungan antioksidan di dalamnya. Madu yang berwarna gelap memiliki lebih banyak kandungan antioksidan dibandingkan dengan madu yang berwarna cerah.
  14. Mengatasi sakit lambung dan pencernaan.
    Madu mengandung jenis mineral yang dapat mengurangi derajat keasaman, membantu mencegah pendarahan lambung, dan meningkatkan pH lambung. Semakin gelap warna madu maka semakin tinggi kandungan mineralnya
  15. Madu untuk menghentikan kerontokan rambut.
    Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 15 menit setelah itu baru dibasuh. Penelitian itu juga membuktikan ramuan yang didiamkan dikepala selama 5 menit pun tetap efektif
  16. Madu untuk Infeksi kandung kemih
    Campurkan 2 sendok makan bubuk kayumanis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air suam-suam kuku. Setelah itu diminum. Ramuan ini membunuh kuman-kuman dalam kandung kemih.

 

Gambar: Internet – dreamstime